selamat datang

selamat datang di blog saya semoga bermanfaat maaf apa bila ada kesalahan :)

Sabtu, 17 September 2011

mengendalikan amarah

Amarah atau emosi sering kali keluar tanpa bisa dikendalikan dengan baik. Hal ini sebenarnya sangat tidak baik dampaknya. Baik bagi kesehatan maupun bagi orang lain.
Secara kesehatan orang yang cepat marah atau naik darah cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi sehingga menyebabkan dia mudah terserang penyakit.
Saat kita marah, denyut nadi meningkat menyebabkan tekanan dara menjadi semakin cepat dan perubahan pada hormon adrenalin dan non adrenalin. Marah yang berbahaya adalah marah yg tidak dikelola. Marah yang tidak dikelola dengan baik tidak baik bagi tubuh maupun lingkungan sekitar. Mengelola amarah bisa dengan menyampaikanya dengan cara sewajarnya. Terkadang diam saat marah juga kurang baik karena emosi tidak tersalurkan bisa jadi menumpuk perlahan, lama kelamaan nantinya akan meledak.
Agar bisa terhindar dari marah berlebihan :
- perbanyak puasa dan dzikir, agar bs menahan hawa nafsu dan menekan serta mengendalikan emosi yang berlebihan. Orang yang sering berpuasa cenderung terjaga tingkahlaku dan perilakunya. Selain itu, orang yang banyak berdzikir saat kemarahan melanda akan terbiasa untuk beristighfar sehingga masih mampu mengendalikan diri.
- terapi tertawa -> tertawa akan meningkatkan hormon endhorphine yg dpt meningkatkan perasaan nyaman pada tubuh sehingga tubuh bisa rileks. Tertawa juga dapat meningkatkan pengikatan kadar O2 dlm darah serta mengendalikan tekanan darah.
- berwudhu saat akan marah dapat menurunkan amarah. Karena air dapat sedikit menenangkan panas di dalam diri
- menangis -> pilihan ini disampaikan oleh org yg sgt berarti dlm hdup sy. Menangis blm tntu menandakan kelemahan. Dibandingkan km menunjukkan amarah dg cr yg slh akan lbh baik kl km menyampaikanya dg menangis.
Mari kendalikan emosi.. Demi hidup yang lebih baik lagi ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar